Di sini saya bukan akan membagikan tutorial membetulkan LCD HP sendiri, tapi membagikan pengalaman (+lagi-lagi curhatan) ketika saya membetulkan LCD Hp rusak saya ke service center Xiaomi (oke untuk kalian yang nyari cara benerin sendiri atau DIY DIY yang pake soldier atau ngoprek mengoprek, monggo skip aja XD).
Di sini saya ngebenerin hape di Xiaomi Service Center Jambu Dua, posisinya selatan Ramayana Jambu Dua. Di sini CS/Kasir ada 1, dan teknisi ada 2. Saya antri 1 orang aja (eh apa 2 ya? Astafirullah pelupa banget coba? -_-).
Untuk posisi service centernya ini mereka di ruko sendiri ya, bukan ada di dalem mall. Di pinggir jalan utama banget juga posisinya jadi nggak susah carinya. Untuk saya tinggal nengok ke kiri aja deh abis perempatan yang rame bingit itu, eh udah keliatan.
Lanjut cerita di dalem, saya bilang sama mbak CSnya kalo hape saya jatoh tapi masih bisa ngetracking saya dari Bandung sampe Cibinong. Jadi waktu itu saya emang nyalain GPS, karena hapenya saya pake untuk panduan saya dari Bandung ke Cibinong. Dan juga saya nyalain history tempat yang udah saya lewatin (atau di google map namanya lini masa).
Sebenernya mungkin agak ngeri ya, kita harus pinter-pinter banget make fitur nyalain GPS kalo udah nyalain fitur lini masa. Misal kerjaan kalian itu intel, mending dimatiin aja fitur GPS ini, supaya jejak kalian sedang di mana nggak ketauan google/orang yang ngehack keberadaan lokasi kalian.
Lanjut ke hape, si mbak CS/kasir bilang kalo kasusnya gitu nggak bisa pake garansi karena itu kesalahan pengguna. Dan kasih perkiraan kalau LCD aja yang rusak dikenai biaya 9 ratus 20 an ribu gitu (92x.xxx). Saya oke aja, soalnya abis dikasih tau temen benerin LCD 800k.
Tapi mbaknya bilang 900an itu kalau LCDnya aja ya yang rusak, kalo seandainya mesin dalemnya ada yang rusak, bisa nambah lagi. Dan tentunya akan dikabarin lagi kalau ada mesinnya yang rusak. Waktu benerin 1-2 jam.
Saya oke in lagi. Ya udah si mbaknya minta pola hape saya dan bilang kalau data saya mungkin akan terhapus (ini kalo dalemannya juga rusak). Saya bilang nggak apa-apa, kalo emang hape itu bisa nyala lagi, gak apa-apa ilang. Soalnya inget pas beli saya ngirit banget hahaha sampe nagih utang ke temen wkwkwk.
Setelah itu saya keluar dulu dari servis center dan berjalan menuju omegamaret untuk beli minuman, kemudian jalan ke Ramayana yang di utara servis center atau di perempatan.
Di Ramayana ini ternyata di lantai dasar dan lantai 2 tempat jual beli/servis handphone dan laptop. Yang lantai dasar rada mirip Klitikan gitu sih, atau lantai 1 nya KFC Jl Adi Sucipto di Jogja. Begitu masuk saya langsung disambut penjual-penjual di sana, diminta mampir. Dah mirip di Klitikan banget kan haha.
Dari yang tadinya liat-liat aja, jadi pengen iseng nanya laptop saya yang rada bengkok pinggirnya. BTW laptop saya kan saya kirim dari Jogja ke Bogor pake pengiriman biasa, ya gitu lah bengkok, saya sempat panik saya kira LCDnya juga bengkok. Tapi layarnya aman sentausa tidak ada dot pixel atau gimana-gimana. Nah di sini saya tanya ke stand servisan yang ada logo ASUS di standnya.
Setelah ngobrol-ngobrol dengan teknisi dan saya memperlihatkan laptop saya, teknisinya bilang donk kalo yang bengkok itu cuma cashing dan protectornya. Ternyata Protektor layarnya ada 2. Sungguh lega saya rasanya, karena nggak jadi keluarin duit buat benerin LCD hahaha.
Lanjut, saya masukin laptop, terus menuju stand yang sepertinya bisa dibuat untuk benerin hape atau jual hape. Saya tanya di sana kira-kira kalo benerin hape yang abis jatoh sampe LCDnya rusak kira-kira berapa. Tapi itu saya iseng doank ya, karena kan hape saya udah ditanganin sama si servis center.
Terus si Bapak-Bapak ini yang saya tanya, ngejawab biasanya 600-700ribu. Dan tentu saja saya akan dikasih mahal kalau saya kasih ke servis center Xiaomi yang resmi. Terus pendek cerita si bapak memberikan kartu nama standnya. Nanti kalau saya tidak jadi membetulkan hape saya di servis center resmi tersebut, bisa ke bapak itu. Mungkin saya bisa menjual seadanya, kemudian saya bisa membeli hape baru.
Karena waktu itu saya takut juga kalau biaya perbaikan di servis center membengkak karena rusak di layarnya parah sekali menurut saya. Bahkan sudah ngefoto-foto sendiri, terus waktu temen saya nelpon, ini hape juga ngerekam video sendiri.
Dengan semangat 45, saya cepat-cepat kembali ke servis center Xiaomi. Saya sempat bertanya, boleh tidak kalau hapenya saya ambil lagi? Si mbak bilang hape saya sedang dibenerin. Dan ternyata yang rusak layarnya saja. Cepet banget selesainya. Saya dateng udah mau selesai banget. Ga nunggu lama terus saya diliatin hape saya yang udah nyala, dan saya cek galerynya. Dan ...
EUREKA! TIDAK ADA DATA YANG HILANG!!
Demikian, selesai sudah postingan ini. Oh iya terimakasih untuk mbak kasir/CSnya yang sabar menunggu saya yang ribet sendiri pas bayar. Padahal tinggal transfer pake bro mobile tapi pake kepikiran OVO yang nggak bisa diinstall di hape pinjeman hahaha -_-