Pertama Kali Miara Kucing - Mati



Halo! Ini terusan dari postingan sebelumnya, yaitu yang ini Usaha Untuk Punya Kucing Bagus ketika Sedang Ngirit 

Dari judulnya udah keliatan sebenernya maksud penulis nulis ini, mohon maaf bagi kalian yang udah nyasar ke sini hahahaha. Jadi summari dari postingan sebelumnya ya (dikit aja) penulis abis otw ke rumah orang untuk ambil kitten atau anak kucing yang berusia 1 bulan. penulis belum punya tas kucing jadi penulis masukin dia ke tas terpal yang atasnya penulis buka dikit untuk udara masuk.

Lanjut

Nah, setibanya di rumah nih, penulis keluarkan kucing tersebut dari tas. Dan yang terjadi adalah ... dia basah entah kena muntahan atau mencret. penulis agak panik tapi penulis tutup-tutupin donk, waktu itu di rumah ada Pakdhe dan seorang tukang langganan yang benerin apa lupa. penulis langsung basuh dikit2 sekujur tubuhnya pake air (dingin), terus penulis jemur. posisi sepertinya sekitar jam 10. Panas cukup terik. penulis taruh dia ke dalam kardus di bawah sinar matahari, sambil penulis keringin bulunya pakai lap (atau tisu ya? Parah banget emang Ya Allah).

Oh iya, waktu itu penulis emang bego banget harusnya nggak boleh mandiin kucing terlebih lagi kitten pake air dingin. Tapi karena kebegoan penulis, yang penting bersih aja ini kucing karena badannya basah kuyup karena mencretannya.

Abis itu langsung penulis masukin ke kandang, tapi ternyata dia lolos dari kandang, yang kebetulan penulis emang belinya yang lumayan besar. Dia nerobos lewat sela-sela jeruji besi yang lowong di paling bawah. Karena badan dia mirip banget sama kucing kampung. Tapi kalo kata temen penulis sih gedean dikit (nggak tau menghibur apa beneran lebih gede). 

Kenalan Dikit

Sebenernya dia itu ada turunan kucing ras yaitu Mainecoon, tapi kakeknya. Jelas udah kecampur banyak sama gen domestik, yang menjadikan badannya kecil seperti kucing domestik kebanyakan. Tapi penulis nggak masalah sih waktu itu, karena berharap dari kucing ini penulis bisa belajar banyak dulu mengenai kucing. 

Oh iya, btw kucing ini penulis namain Katsu 😍

Tapi sebenernya motivasi penulis punya kucing itu pengen ada temennya, jadi penulis pengen kucing yang besar. Jadi penulis emang ngincer kucing ras mainecoon. Karena harga kucing pure mainecoon mahal, ketika ada yang nawarin persilangannya ya penulis ambil hahaha.

Malah Mencret (Lagi)

Karena penulis takut Katsu keluar kandang lagi, penulis tempelin kardus di bagian sela-sela jeruji besi yang gedean. Sebenernya sih penulis bukan pengen menjara kucing tapi orang-orang di situ kurang suka sama kucing. Jadi pengen kucing itu ada di satu tempat dan ngga asal jalan kemana-mana. Ditambah juga emang ada sodara yang punya asma.

Oke deh berarti sampe sini kandang aman, si Katsu tengkurep sambil merem, kayaknya capek banget udahan. Dan guobloknya penulis sempet nanya sama abang pet shop, itu kucing penulis kenapa merem-merem (sambil kasih foto, padahal udah jelas-jelas lagi tidur).
Dan si abangnya jawab,"mungkin nyaman" (maksudnya nyaman sama kondisi alasnya yang penulis kasih keset yang menyerupai karpet.

penulis malu dah kalo inget itu hahaha. Mana kondisi kandang belom ada litter boxnya, pasir kucing ada di dasar tatakan kandang hahahaha.

Next, ngeliat si kucing di kandang, penulis pengen kasih makan. Tapi penulis belum siap makanan kucing (aduh bego lagi kan). Tadinya pas di jalan penulis panik banget harus cepet-cepet kasih kucing ke kandang karena dia beringas mau keluar2 tas. 

Terus penulis beli dulu deh, alhamdulillah di depan perumahan ada pet shop. Langsung penulis beli wet food m*o creamy snack sama wi*kas.

Dan beberapa jam kemudian dia mencret donk. Dia mencret di lantai (kandang) bawah, dan Katsu manjat kandang sampe ke atas. penulis sempet bingung dan nanya beberapa temen penulis yang ngerti kucing. 

Dan dari situ jadi ngerti ketika satu temen bilang kalau makanan yang penulis kasih ini adalah makanan pendamping atau snack. Makanan aslinya ya yang dry food itu, cuma waktu itu penulis nggak ngerti hahaha. Ya udah dari situ penulis beli m*o dry food yang untuk kitten. 

Di sini penulis masih belum ngerti kalau kucing ini sebenernya sakit. Dia udah mencret dari awal penulis bawa pulang (yang waktu itu penulis bingung dia muntah atau mencret karena mencretnya cair banget)

Kegiatan Sehari-Hari

Kalo pagi tentu aja penulis jemur sekitar 10 menitan. Kandang besar itu penulis keluarin. Terus dia berontak lah di situ tiap dijemur. Dan tiap ngeliat penulis dia diem. penulis tinggal lagi dia ngeong-ngeong lagi. 

Jujur ya penulis tuh takut banget dia keluar dari pintu gerbang (rumah), takut sulit nemuinnya karena badan dia kecil banget (dan juga keliatan ringkih). Dan terbukti pernah penulis keluarin dari kandang, dia menuju keluar gerbang, terus jalan-jalan di komplek. Dan masuk got. Dari bawah dia nggak bisa ke atas. sempet penulis diemin biar dia usaha sendiri. Tapi lama banget dia ga bisa-bisa keluar. Akhirnya penulis angkat deh. Hadeh.

Oh iya, meskipun sodara penulis sakit asma, tapi nggak kambuh waktu megang si Katsu. Si sodara nih bilang aslinya pengen punya kucing, tapi ortunya nggak suka kucing ditambah dia sendiri kan kalau orang asma normalnya nggak boleh deket sama bulu-bulu. Jadilah sodara ikut suka sama si Katsu. 

Di kandangnya Katsu sempet penulis bikinin tempat tidur, penulis takut dia kedinginan. Karena pernah ada satu temen yang bilang ini kucing apa nggak sakit? Bulunya aja jarang, penulis bilang sih (sok tau) emang begini karena masih kitten. Tapi tetep aja waktu itu penulis cari cara biar Katsu nggak kedinginan. 

penulis bikinin tempat tidurnya dari kardus, diisi keset, dan Katsunya mau tidur di situ donk (hore!). 

Awal-awal ketika dia mencret, penulis sempet kasih dia oralit yang penulis bikin sendiri. Dan cukup bekerja, nggak mencret lagi, dan intinya idup dia normal aja, tanpa penulis bawa ke Vet waktu itu.  

Oh iya, Katsu ini yang nemenin aku di hari ulang tahunku (ah apa banget sih? tiap taun juga ulang tahun hahaha), soalnya biasanya nggak ada temen sama sekali sih hahahha LOL.

Muntah-Muntah

Setelah beberapa hari dia sehat, dia muntah-muntah. Nggak ngerti yang salah makanan apa, makanannya makanan kucing normal, ga ada makan makanan manusia. Dia posisi muntah di lantai ruang tamu, karena pas dia penulis keluarin dari kandang (dan nggak kabur keluar, mungkin trauma masuk got atau mungkin udah ngerasa akrab sama penghuni rumah)

Bodohnya penulis, penulis nggak kasih dia ke Vet karena takut biaya berobatnya seperti biaya berobat manusia. Emang bodoh banget. Yang penulis lakuin adalah tanya ke sana sini, dan dikasih tau dari sodaranya sodara kalo kucing kitten emang bawa penyakit dari dirinya sendiri, dan entah gimana jujur penulis lupa. Dan akhirnya malamnya karena penulis liat Katsu udah bisa makan dan tidur dengan tenang, penulis sama sodara tidur. penulis sama sodara agak kurang bisa tidur. penulis malem bangun, liat Katsu masih nggak apa-apa, penulis sempet kasih makan.



Foto di atas adalah foto sebelum dia muntah kalo ga salah ya.

Dan akhirnya meninggal

penulis tidur lagi, dan bangun lagi sekitar sebelum subuh. Katsu tergeletak di lantai dasar kandang sebelah litter box. Tapi kok dia kayak lemes banget, nggak biasanya kayak gini. penulis yakin waktu itu Katsu masih belum meninggal, makanya sempet penulis sendokin susu ke mulutnya. Soalnya sebelumnya penulis liat orang di youtube recovery kucing sekarat, dia kasih susu. 

Tapi untuk Katsu waktu itu, not working. susunya keluar lagi. 

penulis hubungin temen, pada belum bangun. Sepertinya ada 1, tapi dia anak Solo, dan dia juga ngga ngerti mau ngapain. penulis bingung banget panik banget, yang di pikiran penulis, 'udah ini Katsu lagi sakaratul'. Malah sodara yang liat nangis dan yakin Katsu mau meninggal.

Terus penulis sempet hubungin ke yang punya Katsu sebelumnya. penulis sempet ngomong sama dia, penulis sempet kayak nanya (kalo ga salah) "Mas bohongin penulis ya? Ini kucingnya memang sakit dari awal ya?" intinya kayak jahat gitu sih nanya ke orangnya. penulis lupa juga masnya bales apa, intinya dia nggak ngerti juga sih. 

Dari posisi dia yang tergeletak itu, penulis minta sodara penulis buat mindahin Katsu ke kardus biar lebih anget (penulis lagi panik banget). Kalo kata sodara sih Katsu udah dingin. Terus penulis keluar rumah kayak mau minta tolong tapi ujung-ujungnya malah jongkok di jalan. Udah kayak mau nangis gitu mana Vet juga belum buka. Sempet bawa kardus Katsu buat minta tolong ke tetangga, tapi penulis ga berani nggedor tetangga. Frustasi di jalan akhirnya pulang solat subuh dulu. Itu posisi penulis cuma berdua sama sodara penulis yang masih kuliah di rumah Eyang kami.

penulis liat lagi Katsu memang udah ga bergerak.

Dia udah nggak gerak. 

Dan akhirnya siangnya Katsu dikubur Pakdhe di depan rumah. 

Waktu itu penulis nggak nangis. Baru besoknya penulis nangis nyesel atas segala kebodohan penulis. penulis nggak tau, dosa nggak, bakal ditanya pertanggungjawaban ngga nanti di akherat. Karena maksa banget ngga bawa Katsu ke vet ketika dia masih hidup, maksa banget milih pengobatan tradisional.

penulis betul-betul nyesel. penulis minta maaf untuk Katsu, dan untuk Tuhan karena sudah gagal mengemban task dari seorang kucing kecil yang entah sakitnya sejak kapan.  

LihatTutupKomentar